Keseruan Perayaan Hari Jadi Pemuda Dusun

Setahun sudah Pemuda Dusun, banyak hal yang terlewatkan dan tetap bahagia. Komunitas ini berada di Dusun Jelantik, Desa Dangiang, Kecamatan Kayangan, Lombok Utara. Pemuda Dusun sengaja dihitung dari tahun lalu, dihitung dari peresmian namanya yang baru, sebelumnya bernama Remaja Masjid Nurul Hidayah dan pada tanggal 3 Februari 2016 lalu, resmi dirubah menjadi Pemuda Dusun.

Tahun ini kami merayakan usianya yang masih sangat belia 1 tahun, perubahan nama ini sebenarnya bukan untuk menjauhkan diri dari masjid, tapi tetap mengadakan program di masjid, hanya saja supaya tidak terlalu normative (seperti kata orang-orang pintar). Nah, dengan perubahan nama ini, pemuda yang ada di Dusun Jelantik, Desa Dangiang, Kecamatan Kayangan ini mampu memberikan hal yang lebih untuk kemajuan keluarga besar Dusun Jelantik.

Perayaan Hari Jadi Pemuda Dusun kali ini pada tanggal 4 Februari 2017 yang berlokasi di Posyandu Dusun Jelantik. Cuaca begitu cerah hari ini, tumben hari ini tidak turun hujan ada kesempatan untuk melakukan kegiatan di luar ruangan, Pemuda Dusun Jelantik telah merancang beberapa kegiatan untuk memeriahkan tapi sederhana perayaan hari Jadi Pemuda Dusun:

  1. Masak dan Makan Bareng
  2. Live Musik
  3. Pembacaan Puisi
  4. Lounching program “Dapur Kita”
  5. Performance dari Trio Ampibi
  6. Penayangan Video Dokumentasi

Sekitar jam 15.00 WITA, Pemuda Dusun memulai kegiatan dengan memepersiapkan alat masak-memasak, semua anggota perempuan Pemuda Dusun hari ini akan masak bersama dan jangan lupa, ada ibu-ibu juga yang turut berpartisipasi yaitu Ibu kita Sumiati, ia begitu semangat memasak dan memberikan masukan kepada para perempuan-perempuan yang hadir masak saat itu. Ada dua menu yang ditawarkan oleh Pemuda Dusun hari ini yaitu agar-agar dan soto ayam, waaah sepertinya enak. Masak-masak memakan waktu begitu panjang, namun semua terlihat aman terkendali, sementara menunggu hidayangan, beberapa anggota laki-laki ngobrol mengenai apa saja da nada sebagian juga yang membantu mengambil air dan peralatan lainnya yang menjadi kebutuhan memasak.

img_20170204_165636 img_20170204_170242

Masak Bareng, program Dapur Kita

Masak Bareng, program Dapur Kita

img_20170204_170256

Bahan baku masakan

Bahan baku masakan

Magribpun tiba, dan sedikit rintik-rintik hujan mulai turun, tapi setelah sholat Isya hujanpun reda, kami berharap demikian, tepat pukul 20.00 WITA hujan reda, kami pun memulai acara, penampilan pertama diawali dengan lagu dari Trio Ampibi, single pertama dari album “Batang-Batang”. Setelah Trio Ampibi, kemudian sedikit sambutan dari Ketua Pemuda dusun, Saudara Zaenal Bajuri, menyampaikan banyak hal yang menyangkut program dan keberadaan Pemuda Dusun dari awal terbentuknya dan yang akan datang, Zaenal Bajuri juga menyampaikan beberapa program yang akan dilaksanakan di tahun 2017 ini.

Zaenal Bajuri, Ketua Pemuda Dusun

Zaenal Bajuri, Ketua Pemuda Dusun

Sedikit demi sedikit audiens bertambah, beberapa tokoh masyarakat hadir malam itu dan tidak lupa adik-adik kami yang begitu antusias mengikuti perayaan tersebut.

Kemudian selanjutnya, pembacaan puisi dari Jaelani atau akrab dipanggil Bungkil, ia baru berusia sekitar 10 tahun, katanya “Saya punya 4 puisi, tapi saya lupa mencatatnya, jadi saya agak lupa”,

Gelak tawa dan tepuk tangan terdengar saat Bungkil membacakan puisinya, puisi yang kren, saya rasa. Kamudian juga ada Herjan Swendi yang membacakan puisinya.

Selanjutnya makan bersama, waaaah semua yang hadir tidak mau ketinggalan nih. Tapi ada strategi yang kren dan aturan yang asyik dibuat oleh Pemuda dusun, bagi hadirin diharapkan membawa mangkok dan sendok masing-masing dari rumah, tujuan untuk meminimalisir meminjam barang di warga. Terlihat antusias dari adik-adik yang membawa mangkoknya masing-masing dari rumah.

Suasana yang bahagia, semua hadirin mendapatkan bagian masing-masing 1 porsi, tapi ada juga yang makan semangkok berdua bahkan ada juga yang menggunakan nampan dan Begibung.

Tapi ada yang lebih menarik, beberapa ibu-ibu berharap, kegiatan semacam ini harus dilakukan secara besar dengan mengajak ibu-ibu masak bareng semacam perlombaan masak.

Trio Ampibi Performance

Trio Ampibi Performance

img_20170204_212152

img_20170204_210945

img_20170204_210641

Herjan Swendi membaca puisi

 

img_20170204_203412

suasana keseruan Perayaan Hari Jadi Pemuda Dusun

suasana keseruan Perayaan Hari Jadi Pemuda Dusun

Rangkaian terakhir, makan-makan

Rangkaian terakhir, makan-makan

img_20170204_205725

img_20170204_205650

img_20170204_205701

 

img_20170204_205655

Soto-soto

Anggota wanita Pemuda Dusun dan Soto-soto

img_20170204_213343

Bersih-bersih usai kegiatan

Bersih-bersih usai kegiatan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s